Selasa, 22 Desember 2009

MENGEJAR INSPIRASI

Untuk melakukan suatu aktifitas, manusia biasanya membutuhkan sebuah dorongan atau motivasi. Sumber dorongan ini bisa berasal dari diri sendiri maupun dari orang di sekitarnya. Bagi seseorang yang pandai memanfaatkan lingkungan, motivasi semacam ini bisa muncul dari mana saja secara tak terduga. Ide kreatif dapat tumbuh dengan subur tanpa harus melalui tahap yang njelimet dan memakan waktu yang lama. Adalah sebuah karunia apabila seseorang dapat memperoleh inspirasi yang mampu membakar semangatnya untuk berkarya secara terus-menerus tanpa adanya tekanan dari manapun. Sebagai contoh, ketika seorang pelukis kehilangan ide, ia melihat sebuah foto yang tergantung di sebuah dinding rumah kawannya. Ia lalu mendapatkan sebuah ide tentang perpaduan warna yang apik dalam foto yang berlatar pantai Kute itu. Ide ini tanpa disadari mampu membangkitkan semangat melukisnya yang sempat meredup karena sering diremehkan kawan-kawannya yang menilai kombinasi warna lukisannya terkesan acak-acakan.

Di samping sulitnya mencari inspirasi, memulai sesuatu pekerjaan umumnya dirasakan sebagai tantangan terberat. Berbagai tantangan teknis dan bayangan ketakutan yang belum tentu benar sudah memenuhi isi kepala. Hal ini pastilah membutuhkan mitra kerja yang dapat memompa semangat dan menyulutkan gairah untuk tetap istiqamah. Mitra yang baik tidak hanya menjadi pendengar setia atas segala keluhan, akan tetapi ia harus pula dapat memberikan alternatif penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Secara singkat, patner ini harus siap menjadi penyangga di kala tak berdaya, penyuplai inspirasi di saat semua jalan terasa tiada, dan pemberi motivasi ketika semangat sedang sirna. Tipe mitra semacam ini tidak mudah diperoleh, akan tetapi seiring perjalanan waktu, seseorang akan dapat memilih kawan dekatnya untuk berperan sebagai mitra sejatinya. Istri misalnya, dapat menjadi mitra terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Ia, jika dengan sadar mampu menempatkan posisinya sebagai mitra penting dalam pekerjaan suami, tentulah menjadi sumber inspirasi sekaligus penyesaian masalah yang jitu bagi suami. Dengan demikian, tantangan dan hambatan seberat apapun akan dapat ditanggulangi ketika seseorang memiliki patner inspiratif yang kuat di setiap langkahnya.

Akhirnya, inspirasi dapat dikatakan sebagai penyuluh kehidupan agar tetap berjalan dengan dinamis. Inspirasi dapat datang dari mana saja dan kapan saja. Namun, mitra yang inspiratif akan memudahkan seseorang untuk dapat menyelesaikan problem hidupnya secara lebih luwes dan tuntas. Dengan begitu, nikmatnya hidup akan lebih terasa yang pada akhirnya dapat memantulkan munculnya rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction