Jumat, 25 Juni 2010

MEMULAI PENELITIAN DISERTASI

Sejak tiba di Jakarta, saya segera menyusun rencana untuk melakukan penelitian disertasi. Tempat utama yang harus saya kunjungi adalah Dompet Dhuafa (DD) di wilayah Ciputat. Hari Senin saya mencoba menjalin hubungan dengan direktur Indonesia Magnificence of Zakat (IMZ), ibu Nana. Alhamdulillah, beliau siap menerima saya untuk diskusi tentang manajemen pada hari Selasa. Saya merasa tersanjung, ternyata orang sekaliber bu Nana berkenan membantu saya untuk memahami Total Quality Management (TQM) yang menjadi topik penelitian saya.

Sesuai dengan janji, hari Selasa pagi saya sudah siap berangkat ke Ciputat. Waktu perjalanan lumayan lama, setidaknya harus sedia 2 jam. Sesampai di lokasi, di luar perkiraan, saya mendapat sambutan hangat dari bu Nana. Rasanya saya sudah kenal lama dengan beliau, padahal, baru hari itu saya bertemu. Tiga jam saya ditemani beliau untuk bercengkrama dan berdiskusi tentang banyak hal. Pengalamannya yang malang melintang di dunia filantropi dan manajemen membuat setiap kalimatnya penuh informasi yang berbobot. Saya sempat mengatakan bahwa saking banyaknya informasi, kepala saya bisa meledak. hehehe.

Hari selanjutnya saya membuat janji dengan pak Joko. Tokoh satu ini merupakan kepala pusat informasi dan dokumentasi DD. Penampilannya yang agak serem ternyata tidak berbanding lurus dengan keramahannya menjawab sejumlah pertanyaan saya. Meskipun ia sedang sibuk dengan berbagai kegiatan Dompet Dhuafa yang rencana akan menggelar kegiatan jalan sehat dan acara ramadhan, Pak Joko masih sigap memberikan banyak keterangan penting. Darinya, saya mendapat arahan untuk menemui beberapa petinggi Dompet Dhuafa untuk memperoleh informasi lebih lengkap. Orang pertama yang direkomendasikan adalah ketua manajemen ISO 9001:2008. Mbak Tri namanya.

Saya agak sulit menemui orang penting ini. Saya harus sabar menunggu waktu luangnya. Saya pun berpikir macam-macam tentang Mbak Tri. Bayangan saya, saya akan bertemu dengan orang yang selalu dikejar waktu dan sulit untuk diajak berdiskusi. Ternyata, pada hari Kamis yang lalu, perkiraan saya benar-benar meleset. Mbak Tri tidak kalah ramah dengan bu Nana. Bahkan, karena topik penelitian saya terkait erat dengan manajemen mutu yang menjadi tanggung jawabnya, Mbak Tri tanpa ragu-ragu memberikan dokumen penting yang menjadi dasar prestasi Dompet Dhuafa (DD) meraih sertifikat ISO bergensi itu. Wow...subhanallah...kunci dasar penyelesaian disertasi saya sudah keemu.

Untuk melengkapi data, saya disarankan untuk menemui ketua Human Resource Development (HRD) dan ketua Customer Relationship Management (CRM). Pak Herman, sang ketua HRD kebetulan sedang melintas di ruang tamu. Oleh petugas penerima tamu, saya langsung dipertemukan dengan beliau dan ternyata pak Herman tidak keberatan untuk langsung wawancara meski tidak melalui perjanjian terlebih dahulu. Perbincangan semakin hangat ketika saya tahu ternyata pak Herman adalah orang Jawa Timur, jadi kami sempat ngomong bahasa Jawa. Betapa senangnya...

Terakhir, orang yang saya butuhkan informasinya adalah Mbak Dona, ketua CRM. Saya agak kaget ketika melihatnya, ternyata Mbak Dona adalah orang yang pernah saya temui saat saya dan pak Rektor Malang menghadiri acara kerjasama antara UIN Malang dengan Institut Kajian Zakat Malaysia di Hotel Sofyan 3 tahun yang lalu. Wah, jaminan nih, informasi bakal mudah diperoleh. Sikap "welcome" yang ditunjukkan oleh kru Dompet Dhuafa benar-benar membuat pencitraan Dompet Dhuafa yang saya miliki berubah total. Dulu, memang saya pernah datang ke DD saat mengawali penelitian tesis S2. Kesan saya waktu itu, DD adalah sebuah lembaga yang sulit disentuh oleh publik. Ada kesan tertutup dan prosedur berbelit ketika saya ingin mendapatkan informasi lebih banyak. Ternyata semua berbeda dengan apa yang sekarang saya alami. Semoga, mereka yang saat ini telah menyatakan siap membantu saya dalam pengumpulan data tetap konsisten dengan pernyataan mereka sehingga disertasi saya yang kelak akan menjabarkan pola manajemen mutu terpadu yang diterapkan di DD dapat selesai dengan sempurna. Amin. Wa Allah a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction