Rabu, 22 Juli 2009

Hikmah

"Aku dengar lalu aku lupa. Aku lihat lalu aku ingat. Aku lakukan lalu aku mengerti." Kalimat penuh hikmah dari seorang filosof Cina, Confucius (551 SM - 479 SM), mengingatkan kita untuk selalu berkarya. Datangnya ilmu bermula dari informasi yang kita dengar dan kita lihat. Akan tetapi, untuk mendalami sebuah ilmu, praktikum menjadi suatu hal yang penting. Apalah arti sebuah pengetahuan jika tidak diamalkan. Ilmu tanpa amal ibarat pohon tanpa buah. Ilmu tanpa amal laksana lebah tanpa madu. Sayang sekali jika kaum ilmuwan hanya pandai berbicara namun kosong dari sisi pelaksanaannya. Dengan demikian, ilmu sedikit tapi berarti lebih baik daripada banyak ilmu tanpa makna. Tentu saja, akan lebih istimewa jika banyak ilmu banyak amal. Ini dia makhluk yang paling dicari, yakni manusia yang paling bermanfaat bagi sesama. Siapa mau?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction