Kamis, 29 April 2010

KEUTAMAAN AL-QUR'AN


Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an dapat menjadi pedoman dan petunjuk hidup bagi umat manusia. Al-Qur’an memiliki ayat-ayat yang mengagumkan sehingga hati pendengarnya akan terpesona.

Di samping itu, al-Qur’an mengandung ilmu pengetahuan yang canggih. Al-Qur’an memiliki ayat-ayat yang menghormati akal pikiran. Al-Qur’an juga menegaskan bahwa manusia itu sama tanpa pembagian kelas dan golongan. Hal yang membedakan kita di hadapan Allah adalah derajat ketaqwaan kita semata.

Al-Qur’an adalah bacaan mulia. Ia diturunkan Allah pada malam yang mulia, yakni laitul qadar. Al-Qur’an telah dijamin kelestariannya oleh Allah SWT hingga akhir zaman. Firman-Nya:
“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya.”

Al-Qur’an memiliki beberapa keistimewaan. Di antaranya adalah
Pertama, Al-Quran tidak akan dapat dibuat manusia. Allah telah menegaskan bahwa al-Qur’an bukanlah buatan manusia. Sekiranya seluruh jin dan manusia berkumpul untuk membuat satu surat saja seperti al-Qur’an, niscaya mereka tidak akan mampu membuatnya. Firman-Nya:
“Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al-Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia”

Kedua, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang penuh hikmah. Setiap hurufnya mengandung sepuluh kebaikan bagi pembacanya. Bahkan pendengarnya pun akan mendapat pahala yang sama dengan pembacanya. Oleh sebab itu, mari kita belajar membaca al-Qur’an sedari kecil. Sebaik-baik dari kita adalah orang-orang yang mau belajar dan mengajarkan al-Qur’an, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْاَنَ وَعَلَّمَهُ
Artinya, “Sebaik-baik dari kamu adalah orang yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.”

Hadis ini menerangkan bahwa kita harus mencintai al-Qur’an dengan cara belajar membacanya. Setelah itu, kita harus mempelajari artinya sehingga kita dapat menghiasi hidup kita dengan al-Qur’an. Kemudian, jika kita telah mampu memahami maknanya, patutlah kita bagi ilmu kita kepada orang lain. Dengan demikian, kita akan menjadi salah satu dari orang-orang pilihan di mata Allah SWT.

Terakhir, al-Qur’an adalah kitab yang berlaku sepanjang zaman. Al-Qur’an tidak akan pernah lekang oleh waktu dan tidak pernah hilang ditelan zaman. Al-Qur’an dimana saja akan sama, baik di Negeri Arab, di Indonesia, Malaysia, Amerika, hingga Eropa. Semua umat Islam membaca al-Qur’an yang sama. Inilah salah satu bentuk keutamaan al-Qur’an yang tidak dapat ditandingi oleh kitab manapun. Sungguh luar biasa!

Demikian, ulasan tentang keutamaan al-Qur’an. Semoga kita senantiasa mampu membaca dan menghayati isinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction