Selasa, 13 Juli 2010

CERITA DALAM FOTO

Atas saran pak Kuat (thank you, Pak Kuat), saya buat satu album tentang New York. Karena saya juga belum lama di Amerika, jadi mungkin ceritanya belum komplit. Pertama-tama, perlu saya tekankan di sini bahwa tempat tinggal saya adalah di kabupaten Buffalo, Propinsi New York. Jadi, New York itu bukan nama kota, tetapi propinsi. Untuk nama kota, ada memang, namanya New York City. Jarak antara kabupaten Buffalo dengan Kota New York sekitar 7 jam perjalanan darat. Oleh sebab itu, nampaknya saya tidak mungkin berkunjung ke patung Liberty (sayang banget ya...tapi gimana lagi...tidak ada waktu dan.....eem...biaya hehehe). Tetapi, Buffalo punya banyak keunikan dan tempat wisata terkenal di dunia, di antaranya adalah air terjun Niagara (Nigara Falls). Letaknya tidak jauh dari kampus di mana saya sekarang berada, sekitar 20 menit. Saya belum ke sana, tapi Insya Allah akan menyempatkan ke sana (kalau ini murah dan harus itu...hehehe).

Kembali ke album, dari foto-foto itu saya cantumkan sedikit informasi di bawahnya. Lengkapnya sebagai berikut. Palagan SUNY (State University of New York) Buffalo adalah bangunan semacam tiang-tiang yang terdiri dari tiga pilar. Saya belum tahu filosofinya, tetapi yang jelas, palagan itu selalu muncul di beberapa atribut kampus, seperti kartu mahasiswa dan buku panduan. Saya mengambil gambar palagan itu saat ikut menghadiri perayaan kemerdekaan Amerika tanggal 4 Juli lalu. Di tempat itu, yang bersebelahan dengan danau luas, sedang digelar pesta kembang api. Bagus banget, seperti gambar-gambar di atas.

Ada juga satu foto tentang kampus. Itu adalah salah satu gedung di kampus SUNY Buffalo bagian utara. Ada kampus lain di bagian selatan. Mahasiswa yang belajar di sini sekitar 27 ribu orang dengan jumlah mahasiswa internasional yang sangat banyak dan beragam. Sekedar info, kawan satu kelas saat ini tidak ada yang bicara bahasa melayu, apalagi Indonesia. Mereka datang dari berbagai negara, seperti Kostarika, Saudi, Senegal, China, Taiwan, Hongkong, Syiria, dan Korea. Wow...keren...

Kemudian, ada foto tentang jalan-jalan ke Rochester. Kota ini cukup terkenal dengan penemu Kodak (saingan Fujifilm) dan Xerox (jenis mesin fotokopi). Di sana saya menemui salah satu teman, lalu di ajak jalan-jalan ke Rochester View yang dapat melihat kota Rochester dari atas bukit. Cantik sekali, serasa di Gunungharjo, atau Bogor atau Batu...Di Rochester, saya sempat mampir ke rumah makan untuk sekedar nonton piala dunia yang seru itu...

Foto yang lain menunjukkan hiruk pikuk di kota Buffalo yang sedang menggelar festival makanan khas Amerika tanggal 10-11 Juli lalu. Nama kegiatan itu adalah "Taste of Buffalo" artinya rasa masakan khas Buffalo. Puluhan masakan dengan aneka rasa tumpah ruah di jalan, berkilo-kilo meter. Capek juga jalannya. Lumayan, bisa menikmati hidangan dengan prosi kecil dan harga terjangkau.

Oke...itu dulu kayaknya...cerita akan disambung dengan gambar-gambar yang lain, Insya Allah...

2 komentar:

  1. saya tunggu kelanjutanya tad,sangat menarik kok

    BalasHapus
  2. Oke, makasih Mas Har atas kesetiaannya membaca blog ini...saya jadi semangat untuk menuangkan setiap penggal pengalaman... jazakumullah...

    BalasHapus

Introduction