Kamis, 13 Mei 2010

GOOD BYE...BALI...

Acara tadi malam menutup seluruh rangkaian kegiatan Pre-Departure Orientation (PDO) Fulbright yang berlangsung selama dua hari. Saya merasa senang karena seluruh aktifitas dapat saya lakukan dengan baik tanpa kendala. Saya juga dapat bertemu dengan para Fulbrighter (para penerima beasiswa Fulbright)seluruh Indonesia dari berbagai macam program--dari tingkat diploma, master, doktor, riset yunior, riset senior, spesialis, program dikti, program freeport, hingga guru bahasa Indonesia-- yang jumlahnya sekitar 150 orang. Sayangnya, untuk program riset disertasi, peserta yang lolos hanya dua orang; saya yang mewakili IAIN Semarang dan Gidion, wakil dari UGM. Selain itu, pengalaman bertemu dengan para profesor Amerika yang sedang melakukan riset di Indonesia cukup berkesan. Mereka siap membantu saya sewaktu-waktu jika saya membutuhkan.

Acara PDO kali ini semakin menarik dengan kehadiran Anis Baswedan, Rektor Paramadina dan salah satu tokoh muda berpengaruh di dunia. Ia memberikan ceramahnya sambil berpesan kepada para Fulbrighter agar menggunakan kesempatan emas menimba ilmu di Amerika demi kemajuan bangsa Indonesia. Ia yakin bahwa pengalaman berharga ini akan bermakna jika kami mampu memanfaatkan waktu dengan baik selama studi. Ia juga menekankan pentingnya networking. Dengan berkomunikasi dengan berbagai pelajar dari seluruh dunia, kami dapat membangun jaringan luas yang dapat bermanfaat baik untuk pengembangan diri sendiri, kampus, dan bahkan negara.

Hari ini tidak ada acara. Seluruh peserta mulai pulang sejak pukul 5 pagi. Teman saya satu kamar, mas Gidion yang berasal dari yogya, harus siap-siap meninggalkan penginapan dari pukul 4 tadi.Ia harus berkumpul di lobi bersama para peserta dari Yogya sebelum pukul 5. Sekarang ia sudah meluncur ke bandara dan segera bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala. Adapun saya, penerbangan ke Semarang dijadwalkan siang hari. Dengan demikian, pagi ini saya masih bisa menikmati matahari terbit di pantai Sanur.

Bali, I have to say Good Bye...

1 komentar:

Introduction