Jumat, 05 Maret 2010

DOA BERSAMA DENGAN RUQYAH

Tadi malam, warga kampung Jatisari Elok RT 01/08 mengadakan upacara doa bersama untuk keselamatan seluruh warga. Kegiatan ini termasuk istimewa karena momen tersebut diniatkan untuk 'sedekah bumi' sekaligus 'mujahadah' untuk mengusir segala bala dengan memohon pertolongan Allah Yang Maha Kuasa. Kegiatan ini dilatari oleh banyaknya cobaan yang diterima oleh warga Elok beberapa tahun terakhir ini. Sejumlah warga mengalami sakit parah yang kemudian ada yang berakhir dengan meninggal dunia. Memang umur bukan urusan manusia karena semua telah diatur oleh Allah SWT. Meskipun begitu, usaha manusia untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya patut didudukng penuh.

Doa bersama ini dipimpin oleh ustad Wisnu Ahmadi. Di awal acara, seluruh warga diajak untuk membaca surat Yasin fadhilah yang dilanjutkan dengan bacaan tahlil. Kemudian, acara diteruskan dengan pembacaan Ruqyah (doa) yang diambil dari ayat-ayat al-Qur'an. Ruqyah ini biasa disebut dengan ruqyah syar'iyyah karena doa yang dibaca langsung diambil dari firman Allah SWT, bukan mantra atau jompa-jampi yang bernuansa syirik. Susunan ayat yang dibaca didasarkan pada hadis shahih riwayat al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak 'ala al-shahihaini li al-Hakim. Adapun susunan ayat tersebut adalah:
1. Surat al-fatihah
2. Surat al-baqarah 1-5, 163, 255, 284-286
3. Surat Ali Imran 18-19
4. Surat al-A'raf: 54
5. Surat al-Mukminun: 116-118
6. Surat as-Shaffat: 1-10
7. Surat al-Hasyr: 22-24
8. Surat al-Jin: 1-9
9. Surat al-Ikhlas
10.Surat al-falaq
11.Surat an-Nas
Sejarah ruqyah tersebut bermula pada kisah seorang sahabat yang menemui Rasulullah. Sahabat tersebut menyampaikan kepada Rasulullah bahwa saudaranya mengalami penyakit aneh yang mendekati kegilaan. Rasulullah pun membacakan ayat-ayat di atas. Atas kehendak Allah SWT, saudara dari sahabat tersebut langsung sembuh dari penyakitnya.

Demikianlah, betapa besar karunia Allah yang diberikan kepada umat Islam. al-Qur'an bukan sekedar kitab suci, namun ia juga berfungsi sebagai obat mujarab bagi seluruh umat manusia. Gangguan dari makhluk halus atau sihir dapat dihindari dengan membiasakan diri dengan membaca surat al-Falaq dan an-Nas. Dua surat tersebut diturunkan oleh Allah di kala rasulullah SAW mendapat serangan sihir dari kaum kafir. Hal ini menunjukkan bahwa manusia sesuci Nabi Muhammad bisa saja mendapat cobaan berupa sihir. oleh sebab itu, sebagai penangkalnya, Allah mewahyukan kepada beliau dua mukjizat tersebut.

Di akhir acara, doa bersama itu ditutup dengan makan malam bersama dengan sajian tumpeng dan ayam 'engkung'. Menu jajanan pasar juga tersedia di sana. Seluruh warga nampak bersuka cita dengan acara di gelar malam itu. Semoga harapan mereka agar selalu mendapat lindungan Allah SWT dapat terkabul dengan sempurna. Amin Ya Rabbal Alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction